RAHIMA | Pusat Pendidikan dan Informasi Islam dan Hak-hak Perempuan

Friday
Dec 09th
Text size
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home News Seminar Nasional “Kesehatan Reproduksi Remaja, Problem dan Solusinya”

Seminar Nasional “Kesehatan Reproduksi Remaja, Problem dan Solusinya”

E-mail Cetak PDF


“Bu Dokter, apa benar ciuman di mulut itu bisa menyembuhkan sariawan??”


Pertanyaan yang muncul dari seorang laki-laki muda, berseragam putih abu-abu itu disambut “geeerrrr” panjang oleh audiens yang hadir. Narasumber, Ni Ketut Ardani, dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember kemudian menjawab yang jawabannya membuat audiens semakin heboh geeerr-nya, “Ciuman di mulut bukannya menyembuhkan sariawan, tetapi akan semakin membuat bibir nyonyor (bengkak karena infeksi, red)”.

Pertanyaan di atas, merupakan salah satu pertanyaan yang muncul dalam Seminar Nasional sehari bertajuk “Kesehatan Reproduksi (Kespro) Remaja, Problem dan Solusinya”, Senin 22 Juni 2009 lalu, di gedung Aula Pondok Pesantren Nurul Islam Jember, Jawa Timur dan dihadiri sekitar 170 peserta yang berasal dari kalangan pelajar/santri, guru, aktivis, pengasuh pesantren, kalangan umum, organisasi massa, dsbnya. Sesi pertama seminar fokus pada tema Problematika Kesehatan Reproduksi Remaja.Leli Nurohmah bertindak sebagai moderator. Narasumber yang hadir: 1) AD Eridani (Kespro Remaja, temuan Rahima); 2) Tohari (Realitas Kespro Remaja, studi kasus remaja siswa sekolah Jember); 3) Menik Humaidah (Kespro dari sudut sosial dan Hukum) dan 4) dr Ancah Caesarina NM (Kespro perspektif Medis). Berbagai permasalahan remaja dan problematikanya dipaparkan dalam sesi ini, seperti yang disampaikan oleh Pak Tohari bahwa perilaku seks bebas di kalangan remaja (Jember) sudah cukup mengkhawatirkan, salah satu penyebabnya adalah adanya mitos pembuktian cinta yang dituntut oleh remaja putra kepada remaja putrid yakni dengan cara berhubungan seks. Dua termin tanya jawab yang disediakan ternyata tidak cukup memuaskan para penanya.

Sesi kedua membahas tema “Solusi atas Kespro Remaja” dimoderatori oleh Dinah Muhidin.  Narasumber yang hadir : 1) Linda Eriyanti dari Fatayat Jember, yang menyampaikan tentang langkah-langkah apa yang sudah dilakukan Fatayat atas problem kespro ; 2) Ni Ketut Ardani (Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember) menyampaikan tentang program Dinkes Kab Jember terkait Kespro Remaja; 3) Mukhotib MD (PKBI Yogyakarta) yang menyampaikan program PKBI terkait kespro Remaja dan Ust.Imam Nakha’i (PP Salafiyah Syafiiyah, Situbondo) yang membahas bagaimana pandangan Islam terhadap isu kespro. Materi-materi serius yang disampaikan pada waktu yang rawan untuk mata (setelah makan siang) tidak terasa berat karena moderator mengawal forum dengan gayanya yang kocak ditambah banyaknya humor segar yang disampaikan oleh pasangan “duet narasumber laki-laki” dalam menyampaikan materi. Bahkan hal itupun menular pada narasumber lainnya.


Pada akhirnya seminar ditutup pada sekitar pukul 17, setelah sebelumnya bapak Saiful Bahri menyampaikan kesimpulannya yang antara lain bahwa, kespro untuk remaja sangat penting karena dari sana remaja baik putra maupun putri memperoleh informasi yang benar, dengan demikian dengan dilandasi juga oleh keimanan mereka tidak akan melakukan perilaku yang tidak sehat dan tidak bertanggungjawab. **

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 07 Maret 2013 04:29 )  

Berlangganan Majalah Swara Rahima

Kirim email ke rahima2000@cbn.net.id atau telp. ke 021-78881272. Untuk berlangganan Swara Rahima  1 tahun Rp. 100.000 (Pulau Jawa) dan Rp. 120.000 ( Luar Jawa),- untuk (4 edisi) sudah termasuk ongkos kirim.

Kolom Pencarian

  • Search
  • Klik Gambar untuk Mendownload

    PERPUSTAKAAN RAHIMA

    Anda butuh referensi seputar perempuan dan Islam ? Anda dapat memperolehnya dalam Koleksi perpustakaan kami mulai buku Teks,  Kitab kuning, Skripsi, Tesis, Disertasi, Kliping, dan Audio Visual.

    Telusuri Katalogi Katalog Online di sini >> KLIK

    Alamat : Jl. H. Shibi No.70 Rt. 007/01 Srengseng Sawah Jakarta Selatan 12640

    Get Articles via Email

    Enter your valid email address below:
    Your email address will not propagated

    Delivered by FeedBurner

    Pengunjung

    mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
    mod_vvisit_counterHari ini218
    mod_vvisit_counterKemarin1204
    mod_vvisit_counterMinggu ini5929
    mod_vvisit_counterBulan Ini11083
    mod_vvisit_counterSemua2120481

    Yang Online

    Kami memiliki 50 Tamu online

    Flag Contries

    free counters