RAHIMA | Pusat Pendidikan dan Informasi Islam dan Hak-hak Perempuan

Monday
Apr 21st
Text size
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home News Shalawat Kesetaraan Menggema di Mulyasari Cianjur

Shalawat Kesetaraan Menggema di Mulyasari Cianjur

E-mail Cetak PDF

Desa Mulyasari Kecamatan Mande kabupaten Cianjur mendadak heboh. Sejak tanggal 26 hingga 27 Maret 2010 kampung kecil itu mendadak gegap gempita. Dari usia anak, remaja, dewasa, hingga ibu-ibu melantunkan berbagai versi langgam shalawat, dari yang mulai bernuansa tradisional hingga nuansa modern; dari sekedar menggunakan alat musik rebana hingga alat musik elektrik. Warga di kampung ini, selama dua hari berturut-turut memuja dan mengangungkan Rasulullah saw.

Pada tanggal tersebut, Rahima bekerja sama dengan Pon-Pes al-Bidayah menggelar Festival Shalawat Kesetaraan. Shalawat Kesetaraan adalah shalawat yang isinya, selain mengandung pujian kepada Nabi Muhammad, memuat juga tentang prinsip kesetaraan dan keadilan bagi laki-laki dan perempuan. Shalawat ini pertama kali digagas dalam sebuah forum yang diselenggarakan Rahima di Jember Jawa Timur pada 2001 oleh Nyai Hj. Ruqayyah Ma’shum, Ust. Faqihuddin Abdul Kodir, KH. Hussein Muhammad, Farhah Ciciek, dan KH. Muhyiddin Abdusshomad.
Dalam berbagai kesempatan, Rahima menjadikan shalawat ini sebagai media untuk mengkampanyekan isu kesetaraan laki-laki dan perempuan. Pilihan kampanye dengan menggunakan media ini tidak lepas dari budaya dan tradisi masyarakat Indonesia yang senantiasa menjadikan shalawat dalam setiap moment-moment bersejarah. Tradisi melantunkan shalawat dengan mudah dapat ditemukan dalam upacara pernikahan, khitanan, nuju bulan, kelahiran, pindahan rumah, bahkan dalam upacara-upacara kenegaraan.
Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Ust. Syaeful Jalaludin, yang juga warga desa setempat mengatakan, bahwa upaya mengadakan Festival Shalawat Kesetaraan ini dimaksudkan selain untuk memuja sang Nabi, juga untuk mengajak perempuan Mulyasari agar bangkit dari masa-masa sebelumnya. “Jika sebelumnya perempuan Mulyasari tidak berani ‘unjuk gigi’ maka, kini saatnya perempuan juga bisa menunjukkan bahwa mereka bisa melakukan prestasi yang sama dengan laki-laki,” demikian dia menjelaskan. “bahkan,” lanjutnya, “shalawat kesetaraan ini bisa menjadi semangat bagi perempuan-perempuan Mulyasari untuk menyelesaikan berbagai problem persoalan berbasis relasi gender yang tidak seimbang.”
Direktur Rahima, AD. Eridani, dalam sambutannya menyatakan, “Festival shalawat ini dilaksanakan masih dalam moment peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw., Nabi yang banyak mengajarkan manusia tentang makna keadilan dan kesetaraan.” Semoga semangat untuk meneladani Nabi Muhammad senantiasa tumbuh di dalam hati setiap manusia, laki-laki dan perempuan.
Acara ini diikuti oleh 16 grup yang dibagi dalam dua kategori. Kategori pertama, untuk remaja terdiri dari 8 grup, laki-laki maupun perempuan. Sedangkan kategori kedua, untuk dewasa juga diikuti oleh 8 grup, laki-laki maupun perempuan. Pada babak penyisihan, tersisa 10 grup dari 16 grup tersebut yang berhak ikut pada babak final. Yaitu, masing-masing kategori terdiri dari 5 grup.
Di akhir acara, Dinah Muhiddin, salah seorang staff Rahima yang juga mewakili tim juri mengumumkan nama grup pemenang. Acapkali disebutkan nama kelompok yang mendapatkan peringkat tertentu, para hadirin sontak bersorak-sorai sahut-menyahut. Dalam keputusannya, tim juri menilai bahwa tim grup akhwatunnada sebagai pemenang untuk juara pertama kategori dewasa. Sementara untuk kategori remaja dimenangkan oleh Himbi 1, sebuah grup perempuan. [dicky, red]

 

Terakhir Diperbaharui ( Kamis, 07 Maret 2013 04:32 )  

Perpustakaan

Perpustakan

 

Anda butuh referensi seputar perempuan dan Islam ? Anda dapat memperolehnya dalam Koleksi perpustakaan kami mulai buku Teks,  Kitab kuning, Skripsi, Tesis, Disertasi, Kliping, dan Audio Visual.

Alamat : Jl. H. Shibi No.70 Rt. 007/01 Srengseng Sawah Jakarta Selatan 12640

Berlangganan Majalah Swara Rahima

Kirim email ke rahima2000@cbn.net.id atau telp. ke 021-78881272. Untuk berlangganan Swara Rahima  1 tahun Rp. 100.000 (Pulau Jawa) dan Rp. 120.000 ( Luar Jawa),- untuk (4 edisi) sudah termasuk ongkos kirim.

Agenda Rahima

Talks Show Radio Setiap hari Kamis di Rasika 100.1 fm Semarang jam 11.00-12.00 wib, Mulai tgl 3 April - 19 Juni 2014

Get Articles via Email

Enter your valid email address below:
Your email address will not propagated

Delivered by FeedBurner

Admin Rahima

Dani
Maman
Nining
Ulfah

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini311
mod_vvisit_counterKemarin760
mod_vvisit_counterMinggu ini311
mod_vvisit_counterBulan Ini17485
mod_vvisit_counterSemua1055064

Yang Online

Kami memiliki 16 Tamu online

Flag Contries

free counters