RAHIMA | Pusat Pendidikan dan Informasi Islam dan Hak-hak Perempuan

Monday
Oct 20th
Text size
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Swara Rahima Refleksi Pernikahan Dini = Pernikahan Rugi : Refleksi Edisi 38

Pernikahan Dini = Pernikahan Rugi : Refleksi Edisi 38

E-mail Cetak PDF

Seorang ayah terkejut ketika sahabatnya menyatakan keinginan untuk meminang putrinya. Betapa tidak putrinya itu masih di bawah umur, belum layak untuk menjalani kehidupan rumah tangga. Tapi si ayah tidak kuasa menolak keinginan sahabatnya itu,  karena dia sangat mempercayainya. Sang ayah yang bernama Abu Bakar As Shiddiq bahkan merasa tersanjung saat Muhammad saw. sahabatnya menyatakan bila pernikahannya dengan Aisyah putri yang dimaksud adalah perintah Allah.( al-Majalis al- Tsaniyah hal 127 )

Dalam sejarah, kemudian juga dikisahkan walaupun pesta pernikahan telah diselenggarakan, Aisyah tetap tinggal bersama orang tuanya hingga batas usianya siap untuk menjalani kehidupan pernikahan yang sesungguhnya. Di Madinah saat Aisyah tinggal serumah dengan Nabi, dia tidak merasa kehilangan waktu bersenang-senang.  Ini karena Nabi sesekali mengizinkannya untuk bermain dengan teman sebayanya.  Soal pendidikan Aisyah, tak perlu dikhawatirkan, mengingat suaminya adalah Sang Maha Guru yang siap mengajarinya berbagai macam hal baru. Pasca Nabi wafat, Aisyah menjadi salah satu perawi perempuan yang banyak meriwayatkan hadis dari Nabi. Baik itu yang berkaitan dengan ibadah atau sikap nabi sehari-hari ketika di rumah. Banyak tokoh kemudian menyebutkan bahwa hikmah pernikahan dini Aisyah yang masih muda, adalah agar  ia  memiliki  lebih banyak kesempatan untuk mentransfer ilmu  dan pengetahuan yang didapatkannya dari Nabi kepada umat

Bagaimana dengan pernikahan dini yang ada di sekitar kita? Negara kita memberi batasan minimal usia menikah adalah 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki. Pembatasan usia minimal untuk menikah tentu saja untuk melindungi kedua mempelai,  khususnya perempuan. Bila perempuan menikah di bawah usia 16 tahun berarti orang tuanya telah merampas haknya mendapat pendidikan yang dicanangkan pemerintah dengan “wajib belajar 9 tahun”. Para istri di bawah umur ini juga masih labil belum bisa bertanggung jawab sepenuhnya atas tindakan-tindakan mereka. Ditambah lagi dengan belum siapnya organ reproduksi mereka untuk menjalankan fungsinya.Jadi jelas pernikahan dini sangat merugikan perempuan

Memaksakan pernikahan dini adalah  sebuah bentuk kekerasan terhadap (anak) perempuan. Masih ingat bahwa seorang ada pengusaha dijatuhi hukuman pidana penjara karena nekat menikahi perempuan di bawah umur. Pernikahan mereka akhirnya ditangguhkan sampai bocah perempuan itu dinyatakan layak untuk dinikahi.

Kemudian apa kata agama Islam tentang pernikahan dini? Walaupun ada hadis-hadis yang berbicara tentang menyegerakan pernikahan hendaknya dibaca sebagai ‘anjuran untuk menikah’ dan bukan perintah untuk menikah dini. Bahwa Nabi pun pernah menikahi perempuan di bawah umur juga harus ditelaah konteks sejarahnya. Anjuran menyegerakan pernikahan (tentu saja bila syarat-syarat pernikahan telah terpenuhi baik)  juga terkait kesiapan mental dan fisik kedua mempelai. Disebutkan dalam banyak riwayat, Nabi sendiri menikahkan puterinya Fatimah Az Zahra saat berumur delapan belas tahun. Oleh karena itu seharusnya setiap teks-teks agama tidak dibaca secara letterlijk. Ini penting agar sebagai umat Islam kita selalu bisa memunculkan wajah Islam yang benar benar rahmatan lil ‘alamien!

 

Perpustakaan

 

Anda butuh referensi seputar perempuan dan Islam ? Anda dapat memperolehnya dalam Koleksi perpustakaan kami mulai buku Teks,  Kitab kuning, Skripsi, Tesis, Disertasi, Kliping, dan Audio Visual.

Alamat : Jl. H. Shibi No.70 Rt. 007/01 Srengseng Sawah Jakarta Selatan 12640

Berlangganan Majalah Swara Rahima

Kirim email ke rahima2000@cbn.net.id atau telp. ke 021-78881272. Untuk berlangganan Swara Rahima  1 tahun Rp. 100.000 (Pulau Jawa) dan Rp. 120.000 ( Luar Jawa),- untuk (4 edisi) sudah termasuk ongkos kirim.

Agenda Rahima

28-31 Agustus 2014 Tadarus 7 Pengkaderan Ulama Perempuan di Klaten - Jawa Tengah

Get Articles via Email

Enter your valid email address below:
Your email address will not propagated

Delivered by FeedBurner

Admin Rahima

Dani
Maman
Nining
Ulfah

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini642
mod_vvisit_counterKemarin809
mod_vvisit_counterMinggu ini642
mod_vvisit_counterBulan Ini21853
mod_vvisit_counterSemua1243212

Yang Online

Kami memiliki 23 Tamu online

Flag Contries

free counters